RB Balikpapan Hadirkan 90 Produk Unggulan UMKM Secara Eksklusif di Balikpapan Super Blok (BSB)

April 18, 2022

Jakarta – Berbagai produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Balikpapan tak kalah menarik dibandingkan dengan produk luar negeri. Melalui kolaborasi antara Rumah BUMN (RB) Balikpapan dengan Balikpapan Super Blok (BSB) menghadirkan toko souvenir yang menyediakan berbagai varian produk unggulan UMKM di area Pantai BSB. Acara pembukaan dilakukan langsung oleh Walikota Balikpapan, Rahmad Mas'ud pada Jum’at (8/4) dengan dihadiri oleh lebih dari 500 tamu undangan.

Toko souvenir yang berada di destinasi wisata Kota Balikpapan, pantai BSB (Balikpapan Super Blok)  tersebut menawarkan 90 macam produk unggulan berupa kerajinan tangan, fashion,dan produk makanan ringan dari 21 UMKM RB Balikpapan. Kegiatan ini juga didukung oleh Dinas Perdagangan kota Balikpapan yang merupakan salah satu mitra strategis Rumah BUMN yang membina banyak UMKM di kota tersebut.

Rahmad berharap pembukaan toko souvenir ini menjadi momentum setelah hampir dua tahun lamanya aktivitas berkumpul dilarang. “Semoga kegiatan ini sebagai awal membuka lembaran baru agar perekonomian bisa berjalan normal seperti sebelum terjadinya COVID-19,” tuturnya.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman mengungkapkan kegiatan ini juga merupakan salah satu strategi Rumah BUMN Balikpapan dalam membantu UMKM memperluas akses pasar disegment menengah keatas serta dalam rangka peningkatan omzet UMKM. “Saat ini RB Balikpapan telah memiliki 588 UMKM Binaan dengan 10 UMKM Go Global yang melakukan penjualan hingga luar negeri serta memiliki 44 UMKM listing di marketplace,” tambah Fajriyah.

Berbagai kegiatan dilakukan RB Balikpapan agar UMKM Binaan naik kelas, antara lain aktif menggunakan sosial media untuk promosi produk serta kegiatan, rutin menindaklanjut calon UMKM Binaan secara langsung melalui pembinaan baik online maupun offline, dan memfasilitasi UMKM Binaan untuk mendapatkan perizinan NIB, Sertifikat Standar, PIRT, Merk dan Halal.

Untuk lebih meningkatkan kualitas UMKM kedepan, Pertamina melalui Rumah BUMN berupaya untuk lebih meningkatkan kualitas kegiatan, lebih aktif lagi mempromosikan keberadaan RB di sosial media sehingga semakin banyak UMKM yang bergabung, lebih aktif melakukan pendampingan kepada UMKM Binaan hingga aktif melakukan kerjasama dengan berbagai Stakeholder. “Pertamina berkomitmen untuk terus mendapingi para UMKM Binaan baik melalui Rumah BUMN maupun PUMK hingga menjadi UMKM tangguh dan mandiri,” pungkas Fajriyah. 

Pertamina senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Melalui program-program UMK dan semangat Energizing Your Future, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energy yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap Mitra Binaan menjadi UMK naik kelas dan Go Global.