Cara Pengajuan

Sekilas mengenai Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil

Sebagai BUMN, Pertamina memiliki Program Pendanaan UMK yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Melalui Program Pendanaan UMK, Pertamina melakukan pendampingan dan pembinaan kepada para pelaku UMKM dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha UMKM dalam hal peningkatan kompetensi, peningkatkan akses pemasaran dan kemudahan akses permodalan dengan program terarah untuk menghasilkan UMKM naik kelas.

Upaya Pertamina untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri dilakukan melalui Program SMEPP (Small Medium Enterprise Partnership Program). Program ini dilakukan dengan menyalurkan dana pinjaman, pendampingan, serta pembinaan usaha.

Penyaluran Dana Pinjaman Program Pendanaan UMK diberikan dengan nilai hingga Rp  250 juta dan jasa administrasi sebesar 6 persen per tahun dengan tenor maksimal 3 tahun. Selain bantuan permodalan, Pertamina juga memberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi mitra binaannya sehingga dapat bersaing menjadi tangguh dan mandiri.

Kemudian, dalam rangka mendukung upaya UMKM naik kelas, Pertamina melakukan pembenahan yang lebih terstruktur melalui penyelenggaraan Kurikulum UMKM yang terdiri dari beberapa tahapan modul, yaitu tahapan Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global. Program pelatihan yang diberikan ini mencakup upskilling bidang keuangan, promosi dan Marketing 4.0 agar dapat memahami cara pembuatan dan pengelolaan akun IG MB, yakni @gen_umkm dan pendaftaran via market place, serta kegiatan lain yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas para mitra binaan. Atas komitmennya yang tinggi terhadap penyelenggaraan pelatihan bagi UMKM ini, di tahun 2019 Pertamina meraih rekor MURI atas keberhasilannya menyelenggarakan pelatihan UMKM dengan titik terbanyak melalui pengoptimalan Rumah BUMN (RB) yang selama ini menjadi sarana untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku UMKM selain juga sebagai wadah bagi langkah kolaborasi BUMN dalam menciptakan Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan kapasitas dan kapabilitas pelaku UMKM.

Kemudian, pembinaan lainnya diwujudkan dalam bentuk pengembangan bisnis hingga pemasaran produk yang dihasilkan oleh mitra binaan dengan berpartisipasi dalam berbagai pameran, pop-up market di berbagai pusat perbelanjaan, UMKM Center dan Business Matching. Perluasan pemasaran produk para mitra binaan ini diharapkan dapat membuka pasar mitra binaan lebih luas lagi serta meningkatkan brand awareness Pertamina dan produk mitra binaan Pertamina.

 

https://pertamina.com/id/lp-program-kemitraan