Masih Tersedia Waktu 4 Hari Lagi, Booth Pertamina Inacraft Disambut Antusias UMKM

March 08, 2022

Jakarta - PT Pertamina (Persero) melalui Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) masih membuka pendaftaran bagi UMKM binaannya untuk mengikuti The International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2022 yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 23 - 27 Maret 2022 di Balai Sidang Jakarta Convention Center. Tercatat 24 UMKM telah mendaftar dan diperkirakan jumlahnya meningkat dibandingkan terakhir kali ajang ini diselenggarakan di tahun 2019.

Pendaftaran terbuka dilakukan secara online melalui https://bit.ly/INACRAFTREBORN2022 dan ditutup tanggal 11 Maret 2022. Penyelenggaraan Inacraft selama ini tidak hanya menjadi tempat pameran, juga sebagai wadah promosi, menambah ilmu, dan membangun networking di antara pelaku usaha kerajinan agar dapat bersaing secara sehat untuk menampilkan produk-produk berkualitas.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman mengatakan pendaftaran UMKM peserta Inacraft telah berlangsung sejak sepekan lalu. “Direncanakan tahap ini berakhir pada tanggal 11 Maret 2022, langkah selanjutnya akan dilakukan proses kurasi,” tambah Fajriyah. 

Kurang dari sepekan pendaftaran akan ditutup. Pada saat kurasi nanti, Pertamina akan memilih, menilai dan memastikan produk yang dimiliki calon peserta menarik dan memiliki nilai jual. “Dan tentunya UMKM yang dipilih harus sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya,” ujarnya. Jika peserta sudah pernah mengikuti kegiatan sebelumnya, maka harus ada inovasi yang dilakukan.

Fajriyah menyebutkan jumlah pendaftar berasal dari sektor fashion dan kerajinan. Dari sejumlah peserta yang telah mendaftar, tidak semua merupakan pendatang baru. Ada beberapa UMKM yang tahun sebelumnya pernah mengikuti Inacraft, kembali mendaftar di tahun ini. “Tentunya Pertamina akan memberikan kesempatan yang sama kepada UMKM untuk mengikuti ajang ini yang merupakan ajang pameran yang sangat bergengsi,” ujarnya. Tujuan utama kegiatan tersebut adalah untuk mempromosikan produk lokal, dimana jika sudah dipamerkan diharapkan akan lebih banyak transaksi yang terjadi di luar pameran.

Pertamina terus memupuk semangat untuk terus membangkitkan dan membangun kembali sektor ekonomi kreatif di tengah pandemi. Oleh karena itu, Pertamina berkomitmen untuk mendukung para UMKM binaannya agar terus berkarya melalui berbagai pendampingan dan pembinaan seperti pameran, sertifikasi dan pelatihan. 

Pertamina senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Melalui program-program UMKM dan semangat Energizing Your Future, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energy yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap Mitra Binaan menjadi UMKM naik kelas dan Go Global.