Borong Produk UMK di Marketplace Pertamina SMEXPO, Diskon Melimpah Hingga Subsidi Ongkir

December 29, 2021

Jakarta – Di tengah kondisi Pandemi COVID-19 yang tidak menentu, PT Pertamina (Persero) senantiasa mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil (UMK) melalui berbagai cara. Salah satunya lewat marketplace khusus produk UMK yakni Pertamina SMEXPO. Aneka penawaran menarik tersedia bagi masyarakat yang ingin memborong produk UMK lokal tersebut.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman mengatakan, saat ini di dalam situs marketplace https://smexpo.pertamina.com/ tersedia ribuan produk milik ratusan UMK baik binaan Pertamina maupun UMK secara umum. “Pertamina tidak membatasi UMK manapun bisa memasarkan produknya melalui marketplace Pertamina SMEXPO,” ujarnya.

Kategori produk yang disediakan juga cukup lengkap. Mulai dari fashion, craft, food & beverages, furniture, agrobisnis, hingga produk-produk pelumas Pertamina untuk kendaraan roda 2 dan 4 juga tersedia. “Selain lengkapnya pilihan produk, juga tersedia diskon cukup besar. Contohnya untuk produk aksesoris unik terdapat diskon hingga 25 persen,” imbuhnya.

Selain banyaknya diskon yang diberikan, Pertamina juga memberikan subsidi ongkos kirim (ongkir) bagi seluruh pilihan produk di marketplace SMEXPO. “Subsidi ini akan didapatkan, apabila pelanggan telah melakukan transaksi dengan ongkir lebih dari Rp25 ribu. Secara otomatis total ongkos kirim pelanggan akan mendapat potongan sebesar Rp25 ribu,” jelas Fajriyah.

Dia menambahkan, marketplace Pertamina SMEXPO tahun 2021 kali ini banjir diskon, baik diskon untuk produk maupun diskon ongkir. “Untuk itu, mari berbelanja produk-produk lokal milik UMK Indonesia sebagai upaya untuk pemulihan ekonomi Nasional dan mendorong mereka menjadi UMK naik kelas,” ajak Fajriyah.

Salah satu UMK yang banyak memberikan diskon melalui marketplace SMEXPO adalah Greencraft & Design milik Trias Putri Boerniat. Potongan produk yang ditawarkan di lapaknya mulai dari Rp30 ribu hingga sebesar Rp70 ribu. Diskon tersebut banyak diberikan untuk produk seperti selendang, tissue box cover, coaster, table runner, hingga piano cover.

Selain itu juga ada produk-produk kerajinan Joglo Ayu Tenan milik Rahayu Dwi Astuti. Beberapa aksesoris wanita karyanya dijual dengan harga yang cukup miring. Seperti aksesoris gelang tembaga bermotif batik parang yang semula seharga Rp250 ribu, didiskon menjadi Rp225 ribu. Sedangkan untuk cincin dengan motif serupa dihargai Rp166 ribu dari harga semula Rp188 ribu.

Melalui Program Pendanaan UMK dan semangat Energizing Your Future, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap mitra binaan menjadi UMK naik kelas dan Go Global.

Pertamina yang kini berusia genap 64 tahun, juga senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Lingkungan dan Sosial (TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.