Tersedia di Marketplace Pertamina SMEXPO, Produk Olahan Ikan Binaan Pertamina Siap Manjakan Lidah Konsumen

November 25, 2021

Jakarta – Hari Ikan Nasional (Harkannas) diperingati setiap tahun pada tanggal 21 November. PT Pertamina (Persero) melalui Program Pendanaan UMK turut mendukung gerakan ini dengan membina para UMK yang memproduksi olahan ikan. Melalui beberapa program unggulan, Pertamina berupaya mendukung para mitra binaan ini menjadi UMK naik kelas.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman mengatakan, dukungan bagi para UMK yang memproduksi aneka olahan ikan ini juga bisa dilakukan oleh masyarakat luas. Sehingga turut serta membantu para UMK Indonesia bangkit dari dampak pandemi dan sebagai upaya dukungan program Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Dengan membantu para UMK dibidang pengolahan ikan ini, terdapat multiplier effect yang panjang di belakangnya. Mulai dari nelayan atau pembudidaya ikan, pemilik usaha, para karyawan, hingga masyarakat itu sendiri mendapatkan manfaat kesehatan setelah mengonsumsi produk berbahan ikan yang bergizi,” tuturnya.

Salah satu mitra binaan Pertamina yang berkecimpung pada pengolahan produk hasil perikanan adalah Irnawati Lanuru. Pemilik UKM G&R Masohi Shop ini memproduksi abon ikan tuna yang ada di Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah. “Hasil sumberdaya ikan di Kota Masohi ini sangat melimpah, ditambah sedikit sentuhan kreativitas akan meningkatkan harga jualnya,” ujar Irna.

Ya, ditangan Irna, daging ikan Tuna segar yang di tangkap dari perairan Maluku diolah menjadi abon yang gurih nan lezat. Untuk memenuhi selera masyarakat, ia membuat produk abon ikan tuna dengan dua varian rasa yakni, original dan rasa pedas. Dengan begitu, ia berharap produknya bisa dinikmati semua kalangan usia.

Selain itu jug ada Ico Ordiana. Pemilik usaha Gerai Amanah ini mengolah berbagai produk lokal dan hasil perikanan yang murah dan mudah di dapat. Seperti singkong, ubi-ubian, dan aneka macam olahan ikan. ”Tahun 2006 mulai usaha olahan ikan, kemudian merambah ke bahan-bahan lain,” katanya.

Ico Ordiana atau yang akrab di sapa Diana ini telah melakukan diversifikasi produk, baik berupa frozen food maupun produk makanan kering. Hingga saat ini produk yang dihasilkan diantaranya keripik ikan, bakso ikan, empek – empek, singkong frozen, rengginang ubi ungu hingga tepung mocaf.

Seluruh produk mitra binaan tersebut dan juga ratusan produk hasil karya UMK lokal lainnya dapat ditemukan di marketplace Pertamina SMEXPO 2021. Masyarakat bisa mengunjungi situs https://smexpo.pertamina.com/. Selain pilihan yang beragam, masyarakat juga akan dimanjakan dengan pengalaman berbelanja yang mudah dan cepat.

Menurut Fajriyah, melalui Program Kemitraan, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap mitra binaan menjadi UMK naik kelas dan Go Global.

Pertamina juga senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Lingkungan dan Sosial (TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.